13 September 2009

Penyebab Komputer Bisa Hang

Sedang asyik2nya ngenet, eh komputerku malah hang, aku restart, baru mau masuk bios.. udah hang lagi... wah jadi kesal banget jadinya... padahal sebelumnya oke-oke aja.. tapi setelah aku periksa beberapa hal komputerku bisa nyala dan tidak hang lagi.. dari hal tersebut aku bisa mengambil kesimpulan kenapa komputer bisa hang

1. Akibat Piranti lunak (software)

  • komputer bisa hang karena CPU terlampau keras bekerja karena software yang dijalankan terlalu berat buat kemampuan komputer ini. Cara melihat pemakaian CPU tekan serentak Ctrl+alt+del untuk membuka task managar, klik pilihan performance. buka aplikasi yang paling berat menurut anda, lihat grafik CPU, jika terlampau kini tinggi hati-hati, CPU bisa panas dan rusak
  • karena virus, trojan dsb
2. Akibat Piranti Keras (hardware)
  • Ram yang bermasalah: usahakan arah angin dari CPU tidak terarah ke RAM, sehingga angin panas yang timbul dari CPU tidak membuat ram ikut panas
  • Lihat pada BIOS apa external memori sudah aktif (enabled)
  • Processor mulai rusak : nah yang satu ini pernah membuat aku bingung awal mulanya, bagian piranti keras komputer selama ini yang aku ketahui paling jarang rusak adalah prosessor (CPU) asalkan pendinginnya sempurna. waktu itu komputer aku test selalu hang, aku coba test vga, memori, mainboard semua oke. ternyata penyebabnya prosesor terlalu panas hingga mencapai 80' C.. wow, fan headsinknya tidak pas kedudukannya pada prosessor (CPU) sehingga panas CPU tidak diserap oleh FAN
  • Kerusakan pada power supply : nah yang satu ini juga bikin bingung awalnya, karena semua komponen udah ditest dan semua perangkat tak ada masalah, pas mau membuka power supply baru ketahuan, colokan power supply pada mainboard ada satu kabel yang putus sehingga arus listrik yang masuk ke mainboard tidak sempurna dan komputerpun hang
Sebenarnya masih banyak penyebab komputer bisa hang, tapi tidak semua penyebabnya sama, oleh karena itu perlu mendeteksi satu persatu piranti lunak dan kerasnya agar bisa bekerja sempurna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar