28 Juni 2009

Cara membagi partisi notebook Toshiba

Untuk membagi partisi pada notebook toshiba berbasiskan windows Vista, saya pernah mengalami kesulitan beberapa waktu yang lalu. Saya coba pakai program powerquest partition magic, ternyata program itu tidak jalan di windows vista kemudian saya coba memakai partisi bawaan windows Vista yaitu dari control panel---> administrative tool---> computer management--> disk management. Cara ini bisa, tapi kita tidak bisa membagi partisi sesuai kehendak kita. Karena windows lah yang menentukan ukuran partisi yang kita inginkan. Setelah mencoba dan mengutak-atik beberapa lama, Saya temukan program Paragon partition manager. Program ini berjalan di windows vista, tapi ada beberapa kendala, untuk jenis notebook toshiba jenis baru yang punya hardisk diatas 160gb, program ini malah tidak mengenali hardisk, alias menyatakan hardisk invalid. Saya coba jurus kedua dan ternyata berhasil yaitu:
  1. Saya kurangi dulu ukuran hardisk di drive C alias membaginya memakai cara control panel---> administrative tool---> computer management--> disk management. Setelah hardisk berhasil terbagi menjadi dua partisi lalu diikuti langkah kedua.
  2. Saya buka program paragon parttion manager, ternyata hardisk sudah bisa dikenali, Nah, langkah selanjutnya menjadi mudah. Kita bisa membagi partisi hardisk sesuai keinginan kita

2 komentar: